29 Des 2013

Cewek, Mah, Emang Gitu!

          Pagi itu suasana kota Bekasi masih sepi, semilir bau hujan menghiasi awan yang menghalangi matahari. Saban hari, Bekasi dan sekitarnya memang sedang hobi membasahi daratan. Pagi, mendung. Siang, panas. Sore, gerimis. Malemnya, hujan deras. Gitu terus, sampe kiamat. Pelacur! (lho?)

        Dari segala kesebalan yang ada, ada satu hal positif yang bisa gue dapet kalo lagi musim ujan kayak gini. Ya, apalagi kalo bukan quality time? Duduk di sofa panjang, ditemani oleh secangkir white-coffee dan beberapa tumpuk novel jadul peninggalan orang tua.

KRING-KRING-KRINNG!!!!!!!!!! Ringtone handphone gue bordering seram. Ternyata temen lama gue nelfon. Namanya Rahayu, cuma gue biasa manggil dia Yayu.

“Iya, hallo, ada apa, Yu?” tanya gue, singkat.

“Besok ke Duren Sawit, ya! Gue tunggu di Domino Pizza, depan McD, tepat jam 11 siang. Pokoknya harus on time! Berani telat, gue bacok!”

TUT-TUT-TUT-TUUTT!!!!!

Yayu menutup panggilan-nya. Gue termengu heran, mangap, bingung mau ngapain.

KRING-KRING-KRIING!!!!!!!! Handphone gue kembali berdering, wih, ternyata Yayu mengulang panggilannya, gue yakin, dia ingin membatalkan janjinya, ato sekedar meminta maaf lantaran gaya bicaranya yang terlalu keras. Gue girang parah.
Panggilan gue terima.

“K-kenapa, Yu?”

“INGET YA, HAN! BERANI TELAT, GUE BACOK!”

“T-tapi, kan….”

“GUE BACOK!”


TUT-TUT-TUT-TUUTT!!!!!

Ada keheningan yang cukup panjang. Gue bergidik kacau. Kesel. Rasanya mau ngacak-ngacak ruang tamu, tapi males beresinnya. Yaudah, terpaksa gue diem aja.

***

        Keesokan harinya, gue bangun lebih awal. Kalo biasanya tiap Minggu gue selalu bangun jam 5 pagi, shalat, terus tidur lagi, sekarang agak sedikit beda. Gue bangun jam 9 pagi, terus bablas, tanpa inget shalat. Eh, nggak! maksudnya gue bangun jam 5 pagi, shalat, terus ngejaga kantung mata, agar tidak tertutup untuk kesekian kalinya.

        “Eh, Lohan! Lama amat. Gue udah nungguin lo dari tadi. Nggak bisa ngehargain waktu banget sih, lo! Dasar cowok males!” teriak Yayu, melalui handphone.

        “Errr.. kita, kan, janjinya jam 11 siang”

        “Iya, gue tau. Terus?”

        “Ya, elo gak liat? Itu masih jam 8 pagi. Mau ngapain buru-buru? Emang penting banget? Nggak, kan?”

        “Oh, jadi elo minta gue bacok?” kilah Yayu, angker.

        “Nggak! Uhm, itu, anu, apa, Nikita Mirzani. Eh, salah. Maksudnya, iya. Iya, gue berangkat sekarang!”

        “Cepetan!”

        “I-iya”

        Gue nyelonong pergi ke daerah Duren Sawit dengan pakaian seadanya; setelan kaos oblong merah, yang dipadu oleh celana jeans hitam, dan sepatu Converse lusuh, mewarnai perjalanan gue kesana.

        Setengah jam perjalanan berlalu. Gue tiba di lokasi yang telah dijanjikan oleh Yayu. Gue mengamati dari kejauhan, memperhatikan dimana posisi Yayu duduk.

        “Lohan! Akhirnya dateng juga, lo! Sekarang jam 9 pagi, hampir aja lo telat!” sapa Yayu, sambil menepok pundak gue dari belakang.

        “Apa lo bilang? Telat? Kita masih punya 2 jam lagi, sebelum jam 11 siang!” cetus gue.

        “Pantesan lo nggak dapet-dapet pacar, kurang bisa ngehargain waktu, sih!” kata Yayu, “Coba, deh, mulai sekarang lo rubah sifat lo yang hobi ngaret itu. Cewek nggak suka sama cowok yang hobi ngaret. Soalnya mereka berasumsi kalo cowok hobi ngaret, itu tandanya dia nggak disiplin. Paham?”

        “Eh, keringet tapir! Ini baru jam 9 pagi. Sejak kapan dateng 2 jam lebih awal malah dibilang telat?!”

        “Lohan.. lohan.. lohaaan.. lo masih nggak ngerti soal prediksi waktu?” pukas Yayu, “Setidaknya lo bisa jaga-jaga kalo emang di jalan ada kecelakaan, ato ada jalanan yang lagi diperbaiki. Kalo lo datengnya terlalu mepet sama waktu janjian, so pasti lo bakal telat! Lagian, nih, Han. Kalo ternyata jam 10-an nanti hujan, endingnya lo nggak dateng, kan? Tuh, sekarang masih jam 9, untung aja nggak ujan. Lo aman dari bacokan gue”

        “STOP MANGGIL GUE LOHAN! NAMA GUE FARHAN!” jawab gue, ketus “Yaudah. Gue nyerah, gue ngaku salah. Terserah apa kata lo deh, Yu. Intinya ada perlu apa lo ngajak gue kesini? Penting, gak? Kalo nggak penting, mending gue balik sekarang.”

        “Penting nggak penting, sih” jawab Yayu, “Yaudah, ayok, kita duduk disana!” Yayu menarik tangan gue, menuntun ke kursi yang ingin ditempatinya.

        Setelah memilih kursi yang dirasa tepat, Yayu bergegas memanggil pelayan, “Mas, saya pesen, ya!”

        Si pelayan datang dengan langkah gontai, “Iya, mau pesan apa? Silahkan dilihat menunya dulu,” diberikannya daftar menu yang sedikit berdebu.

        “Ini aja, saya pesan Black Pepper Chicken” pukas Yayu, “Lo apa, Han?”

        “Hah? Apa? G-gue? Uhm, gue peseeeen…” gue memilah menu yang ada di daftar, “Wah, ini aja!  keliatannya enak, nih!”

        “Apa?”

        “Customer Service! Mantaaap!”

        “Bego! Itu bukan nama menu! Sini, gue yang pilih!” Sergap Yayu, ketus, “Maaf, mas. Temen saya ini agak norak, jadi saya aja yang mesenin, ya. Uhm… temen saya pesen ini aja, mas, Beef Pepperoni Feast”

        Gue terkesiap, “Lho, kok, jadi lo yang mesen, sih? Kan yang mau makan gue!”

        “Udah, diem aja. Tinggal makan aja, kok, repot!”

        “Tapi nggak bisa gitu, Yu! Gue nggak begitu doyan makanan asing. Apalagi namanya aneh begitu. Hiiiii.. Males, ah!”

        “GUE YANG TRAKTIR!”

        “Oke” gue nyengir.

        Si pelayan hanya bisa termengu. Bingung mendengarkan percakapan kami yang sedikit aneh. “Maaf, jadi kalian berdua pesan Black Pepper Chicken dan Beef Pepperoni Feast, ya? A-ada lagi?”

        “Iya, ada, mas!” saut Yayu, “Minumannya. Saya pesan Strawberry-Milkshake, ya. Elo apa, Han?”

        “G-gue? Terserah elo deh, Yu. Pilih minuman yang paling gaul aja.”

        “Softdrink?”

        “Gaul, gak, tuh?”

        “Gaul parah, Han!” jawab Yayu, sambil cekikikan.

        “Nah, boleh, deh. Saya pesan softdrink, ya, mas!”

        Kembali, si pelayan memasang wajah datar, seolah ingin memaki kami, namun terganjal oleh rasa hormat. “Tolong ditunggu, ya, mbak, mas. Pesanan kalian akan tiba 15 menit lagi,” kata si pelayan, sangat lembut.

        “Lama amat 15 menit, mas” saut gue, “Lewat jalan pintas, dong. Biar lebih cepet”

        “ELO KATA NAIK MOTOR!” Yayu meresponnya dengan ketus.

        Gue nyengir.
        Si pelayan mendadak ngilang begitu aja.

        “Eh, iya, ngomong-ngomong, elo mau bicarain soal apa, Yu?” tanya gue, dengan tatapan kosong.

        “Oh, itu..” jawab Yayu, “Jadi gini, Han. Elo kenal sama si Aldo, kan?”

        “Aldo yang tinggalnya di Pondok Gede?”

      “Iya, yang rambutnya gondrong, Han. Yang kalo ngomong suka grogi gitu”

        “Oh, iya, gue kenal!”

      “Serius? Ah, gila, kemarin gue ketemu dia, Han! Lo tau, apa? Ternyata semakin dewasa, dia semakin cakep. Ya Tuhaaaaan, kemarin dia keliatan outstanding banget. Rasanya mau meluk dia, terus dibawa pulang. Aaaaargh!” Timpal Yayu, grasa-grusuk.

        “Pengen meluk dia?”

       “Iya, rasanya mau gue peluk, cowok secakep dia, kalo dipeluk pasti bakal diem aja, otomatis nggak akan ngelawan untuk ngelepas dekapan. Dan elo tau, gak? Dulu gue pernah meluk dia, pas lagi boncengan naik motor. Aaaaaaaaaaakk!! Rasanya seneng banget tiap ada polisi tidur, bisa pura-pura meluk dia. Seolah-olah tubuhnya itu udah merekat erat sama tubuh gue. Gue yakin, dia juga seneng tiap ada polisi tidur, iya gue yakin! Soalnya secakep-cakepnya cowok, pasti pernah ngerasain mupeng juga, kan?”

        “iya!”

     “Kok iya doang, sih, responnya?” Yayu sebel, “Satu lagi, kemarin dia keliatan keren banget pake pakaian serba hitam, dan sepatu casual coklatnya. Duh, pokoknya dia ganteng banget, deh. Ganteng!”

        “Ganteng?”

      “Iya, ganteng. Elo mah nggak ada apa-apanya, Han. Dia tinggi, putih, badannya juga bagus. Pokoknya mencerminkan sosok pria yang ideal banget, deh. Elo mau compare dia ama siapa? Sini, sebutin aja! Robert Pattinson? Johny Depp? Louis Tomlinson? Niall Horan? Brad Pitt? Alaaaaah, mereka lewat semua!”

        “Lewat semua?”

     “So pasti, Han! Tampang mereka cuma se-ujung jemarinya Aldo, kok. Nggak lebih,” cetus Yayu, “Tapi yang bikin gue muak cuma satu, ternyata dia udah punya pacar, kemarin lusa gue berpapasan sama mereka di LaPiazza, Mesra banget, kayak alay! Bukan, bukannya gue sirik, ato iri. Tapi, ya, kenyataannya gitu, kok. Cowok seganteng Aldo, kok, mau-mauan punya pacar yang wajahnya alay begitu. Hiks. Kiamat, Han! Kiamat!”

        “Kiamat?”

        “Iya, kiamat! Dajjal turun ke Bumi, matahari terbit dari barat, Malaikat Isrofil niup sangkakala, Yajuj dan Majuj ngerusak Bumi, Isa Almasih turun dari langit, Argh! Pokoknya gue sebel! Gue cemburu! Gue gak terima! Kalo kayak gini, mending gue nggak usah kenal sama cinta aja, deh, sekalian!”

        “Gak usah kenal sama cinta?”

        “Ah, tau, ah! Capek gue cerita ama lo. Tiap gue ngejelasin sesuatu, lo langsung mempertegas curhatan gue di akhir kalimat! Nanya balik. Monoton tau, gak?” Yayu berkelit rumit, “Tau gitu, gue nggak usah cerita sama lo, deh! Buang-buang waktu, jatuhnya malah nggak penting. Dasar persetan!”

        Yayu jelas keki, gimana nggak, tiap dia ngejelasin sesuatu, gue cuma ngasih pertanyaan yang ada di akhir kalimatnya, jadi emang bener kata si Yayu, pembicaraan kami barusan sangatlah monoton. Datar, tanpa ada kesinambungan antara jawaban dan pertanyaan.

        Tapi mau gimana lagi, Yayu ceritanya kayak gitu, sih. nyerocos terus, nggak ada titik-komanya. Jadi kedengerannya bete aja. Terlebih Yayu kalo cerita suka menambahkan bumbu-bumbu penyedap. Jadi gue nggak gampang terkagum-kagum kalo dia lagi mendeskripsikan pria yang ditaksirnya itu. Pokoknya kalo dia lagi cerita, terus nyoba menjelaskan sesuatu, ambil 75% aja dari penjelasnya. Misal, dia bilang: “Cowok itu macho banget, tingginya 200cm!” Nah, itu tandanya tinggi si cowok sebenernya cuma 150cm. atau misalnya: “Wah, sial! Gue baru aja keilangan duit tadi sore! Nggak tanggung-tanggung, seratus ribu!” Nah, kalo itu udah jelas, kan? Berarti tandanya dia cuma keilangan duit 75rb. Makanya gue agak sebel kalo ngomong ama dia. Gue dituntut untuk mendengarkan, memberi saran, dan yang tersulit adalah, gue dipaksa untuk mempercayai semua hal yang dia ceritakan. Hiks! Nggak, deh. Gue percayanya cuma sama Tuhan.

        Setelah peristiwa itu, Yayu semakin menjadi-jadi, makian-nya seolah menunjukan kalo dia bener-bener kecewa sama gue. perdebatan itu terus berlangsung. Gue cuma bisa menyepi, sambil berkilah dalam hati, “Ya Tuhan, pizza yang kami pesan kenapa tidak cepat datang? Tolong percepatlah, agar kami memiliki alasan yang cukup untuk tetap diam.”

23 komentar:

  1. Lucu deh pas bagian dia ngomong ngalor-ngidul, tapi lo malah nanya singkat.. pasti bete tuh dia. Ngahahaha.

    BalasHapus
  2. Gak semua cewek kayak gitu kok!!!

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. iya. cewek mah emang gitu... -____-

    BalasHapus
  5. Emang gitu, dan sebagai lelaki ya harus sabar aja.

    BalasHapus
  6. haha. gokil. bagus banget gaya bercerita lo. keren-keren.
    cewek curhat mah gak usah didengerin. cuekin aja. ntar jg diem

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^ Kalau jadi suami parah nih bang Arman -_____-

      Hapus
  7. Gue cewek, dan cewek di cerita lo menurut gue angker.... :|

    BalasHapus
  8. Setidaknya judul artikel lo nggak gitu, kalau gitu kesannya semua cewek kayak temen lo itu dong. Walaupun lo nggak bilang semua cewek kayak gitu.
    Tipe cewek itu beda-beda hahaha karena gue juga cewek dan nggak senyeremin temen lo XD

    BalasHapus
  9. itu si cewe wow bgt ya -_-
    tapi ga semua cewe kaya tokoh diatas sih menurut gue :))

    BalasHapus
  10. waduh, gimana klo cewe gitu jadi istri
    bisa2 dia yang jdi kepala keluarganya:D

    BalasHapus
  11. Serem banget, ini cerita horor yak, hahaha

    BalasHapus
  12. Hahahaha ceweknya lucu. Cewek ceplas-ceplos itu asil, tapi gak kayak Yayu juga, terlalu ekstrim. Btw gue salut sama gaya penulisan lo, keren bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WOHOOOO! Mau, gak, gue kenalin ama Yayu? :D

      Hapus
  13. Itu cewek dari planet mana? Keliatannya serem gitu.. Untuk gue orangnya kalem.. Haha

    BalasHapus
  14. kok saya jadi ngerasa ya .___.
    jadi kepikiran kalo ngobro atau curhat saya kayak gitu... :|

    BalasHapus
  15. Wah, respon lo bang. singkat amet. lol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dong. ceritanya, kan, gue cowok cool. Githuuuu~ :3

      Hapus
  16. Jadi cowo itu harus sa-bar. Rata-rata cewe kan bawel :3

    BalasHapus

“Either positive or negative comments are good because it shows I am still relevant.” – Justin Guarini