22 Jul 2013

Jangan Goda Kami, Setan!





        Selamat menjalankan ibadah puasa untuk umat Muslim se-Dunia! Gimana puasa hari ini? Berat nahan haus kah? Laper kah? Ato mungkin.. berat nahan mesum? Pasti. Naluri seorang pria saat melihat wanita yang mendekati sempurna terkadang bergejolak lebih dasyat ketimbang melihat objek lainnya.

        So, di bulan Ramadhan ini.. gue ngerasa ada yang janggal sama sambutan umat Muslim di Indonesia. Sepi, beda kayak jamannya gue masih kecil dulu. Tiap mau puasa, malemnya Tarawih, pulang Tarawih langsung nyangsang ke Kebon buat main petasan. Nggak peduli walau gue cuma berani mainan kembang api batangan, yang penting kan judulnya ‘main petasan’ juga.
***
        Terkadang, hal yang cenderung kekanak-kanakan itu menyenangkan lho.. contohnya kayak main petasan barusan. Rutinitas seperti itu udah nggak mungkin kita lakuin lagi. Nggak lucu aja kalo di usia 50 tahun nanti, gue nggak dateng Taraweh cuma karena pingin main petasan jangwe, yang endingnya bakal kejar-kejaran sama temen, sambil cambuk-cambukan pake… sarung.
         
        So, berjuta kenangan puasa saat kecil sudah mulai pudar, sekarang gue udah gede, udah tidur sendiri, nggak bareng orang tua lagi #IniPenting.
      
     Diluar pembicaraan soal tidur-bareng-orang-tua, Alhamdulillah, selama puasa ini gue nggak nemuin kendala yang cukup berarti. Bahkan saking kuatnya iman gue, beberapa temen deket, bahkan orang yang nggak gue kenal sekalipun ngirim gambar ke gue, ada yang lewat MMS, ada juga yang lewat email. Emang dasar Setan! Siapa juga yang kuat kalo liat gambar kayak gini:


Bayangkan jika lidah anda tersentuh oleh manisnya cairan merah diatas.



        Karena tingkah laku setan-setan barusan, gue jadi mikir “Apa tujuan mereka ngegoda iman gue?” ato nggak: “Kenapa mereka ikut-ikutan Lebaran? Padahal, puasa aja kagak!” oke, buat para setan-setan di luar sana, gue bakal ngasih tau.. aktifitas apa aja yang elo bisa lakuin di bulan Ramadhan, tanpa ngerecokin orang-orang yang puasa. Cekidot!:

  1.  PURA-PURA PUASA

Walaupun sekedar pura-pura, tapi setidaknya secara ‘tak-langsung’ elo udah ngehargain mereka yang berpuasa. Nggak apa-apa kok, tenang aja. kalo ketemu temen yang puasa, pura-pura aja elus-elus perut, sambil ngomong “Ini udah jam berapa? Bukanya masih lama nggak sih?” gitu. Tapi ati-ati, gue saranin elo ngomong kayak gitunya sama orang yang bener-bener puasa, kalo elo ngomong begitu sama orang yang ‘pura-pura-puasa’ juga, beh.. sama aja elo naburin laut pake garem, percuma.

  2. MAIN WARNET

Pada dasarnya, internetan adalah aktifitas yang tak kunjung selesai. Pasalnya, di zaman yang serba modern ini, apa aja bisa di akses lewat teknologi yang disebut ‘internet’. Mau belajar masak, buka internet. Mau nyari lowongan kerja, buka internet. Banyak deh yang bisa kita lakuin lewat internet.. tapi sayang, sampe saat ini.. gue nggak bisa make internet untuk dijadikan via perjodohan antara gue dengan super-model Timur-Tengah. Model Uzbekistan contohnya :((

  3. MAIN GAMES

Diluar pembicaraan soal konteks kesamaan aktifitas, bermain warnet dan bermain games memang memiliki keterikatan permainan. Orang yang main warnet, hampir pasti main games, hampir pasti loh ya.. berarti nggak semua. Ada kok, yang pergi ke warnet, main tiga jam, dan waktu bermainnya habis cuma buat ngelike-in status mantan, ato yang lebih gilanya lagi.. pergi ke warnet, terus main 3 tiga jam, dan waktu bermainnya habis cuma buat main…….. Feeding Frenzy.

Gue adalah tipikal orang yang gila games, hampir semua konsol games pernah gue mainin. Mulai dari Nintendo, Playstation, sampe X-Box, semuanya pernah gue coba. Konsol portable juga nggak kelewatan, kayak PSP, Nintendo DS, sampe games-games di Android.. semuanya udah gue coba. Jadi, saran gue.. buat yang nggak puasa, mendingan anteng-anteng aja dirumah, terus main games. Dijamin, kalian nggak akan punya waktu buat ngegoda iman orang-orang yang puasa. Inget dosa, Bro! inget dosaaa~

  4. ANTENG DIRUMAH

Seperti yang gue bilang sebelumnya, menetap di rumah adalah langkah yang paling tepat untuk mengisi waktu disaat bulan Ramadhan. Nggak usah keluar rumah, lagian juga ngapain keluar rumah, kalo kerjaannya Cuma bisa nge-hasut orang-orang yang puasa. Bicara soal hasut-menghasut, gue jadi inget pas puasa ke-5 kemarin gue kena hasutan, untungnya gue nggak kehasut.

“Han, sekarang udah jam satu siang lho..” Kata temen gue, sambil menunjukan jam tangannya ke-arah gue.

“Iya, gue tau. terus kenapa?” Jawab gue, seraya menyadari apa yang akan dibicarakan selanjutnya.

“Duh, Farhan.. elo tau es kelapa yang dijual di per-tigaan Pulo Gadung? Uuh.. coba bayangkan embun-embun air es yang mengalir penuh kesegaran di bagian luar gelas…” rayu dia, sembari memasang wajah penuh ke-sange-an.

“Kampret lo! Gue puasa, bego!” bentak gue, penuh dendam.

“Ih, ngomong kasar. Elo tau itu tandanya apa? Itu tandanya… puasa elo batal, Han. HAHAHAHA!”

Iya, terkadang Setan memiliki cara yang licik, untuk merusak aktifitas beragama. Tapi itulah hidup, kalo di dunia ini isinya orang baik semua, lantas apa gunanya kita berbuat baik? Karena pada dasarnya.. kita melakukan hal baik itu untuk menghindari kejahatan. Kalo nggak ada yang jahat-jahat? Ya berarti kita nggak bisa berbuat baik. Lagian juga kalo kayak gitu, ke-enakan Polisi dong? Nggak ada kerjaan, tapi tetep di bayar.

***

So, kalo menurut gue, godaan-godaan makanan ato minuman sih nggak terlalu berpengaruh sama kerusakaan iman seseorang pas puasa. Justru yang jadi penyebab utama rusaknya iman seseorang itu: zina mata. Yap, tiap ada cewek yang pake celana short sepaha, diliat. Tiap ada cewek pake baju ketat, langsung deh dicari bagian-bagian yang sedikit menonjol. Cewek juga sama-nya.. tiap liat cowok gagah, terus bawa motor Ninja, langsung deh di-khayal-khayalin: “Ah, gila.. cowok itu keren banget. Nggak kebayang kalo gue jadian ama dia. Tiap berangkat kuliah, dianter pake Ninja” -__-

So, ayodong mulai sekarang kita pertahankan identitas kita sebagai muslim yang baik. Jangan gampang ke hasut sama godaan-godaan yang semata-mata hanya ingin meruntuhkan iman kalian dalam menjalankan ibadah puasa. Kalian udah gede, udah nggak main Tamagotchi lagi! jadi kalian harus kuat! Merdeka!
  
       This is the end of the post. Ketemu lagi di postingan selanjutnya.. selamat berpuasa, kalian semuaaa! Jangan buka diem-diem ya. Percuma kan kalian ganteng, cantik, terus hidupnya mapan.. kalo ibadah aja tidak menjalankan. Hehe :’)

7 komentar:

  1. Eh, dulu gw jg punya temen yg rese abis. tiap gw megang perut.. dia bilang 'masih jaman puasa? huahaha' ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe ya gapapa, terus kalo gue megang pundak, dia ngomong apa? -___-"

      Hapus
  2. Ngelirik dikit ga sengaja mah kehitungnya bonus kan.

    BalasHapus
  3. hahaha sekarang sih udah selaw kalau ngeliat orang kyk gitu :D

    BalasHapus
  4. semakin dewasa dan bertambah umur, bukannya semakin tergoda sama yg namanya makanan pas puasa, itu tadi bener tuh, zina mata lebih berat ketimbang godaan apapun!

    BalasHapus
  5. yang pertama gue lagi salah waktu baca postingan ini gara-gara liat makanan barusan *kampret* . Setuju gue!!! yang paling susah dihindarin tuh zina mata...... jarang banget orang yang nggak tergoda :))

    BalasHapus
  6. betul banget , apalagi kalo buat anak anak zaman sekarang, bisa lirik sana lirik sini

    BalasHapus

“Either positive or negative comments are good because it shows I am still relevant.” – Justin Guarini