16 Jun 2013

Peduli Lingkungan Bersama Green-Peace


Tepat tanggal 9 Juni 2013 kemarin, gue ngejalanin misi liburan gue dengan cukup sempurna. Berawal dari informasi tetangga gue yang bilang kalo tanggal segitu ada pameran kapal di Tanjung Priok, atau seperti festival Green-Peace gitu deh. Dan berujung pada niat ingin dateng kesitu, lantaran sepanjang hidup gue.. gue belum pernah ngerasain naik kapal. Sedih sih.. sedih banget, malahan.
So, karena gue penasaran rasanya naik kapal itu kayak apa. Maka dari itu.. gue nyoba buat dateng kesana. Kalo nggak salah, gue berangkat dari rumah sekitar pukul 8 pagi Waktu-Indonesia-Barat. Berbekal tampang se-adanya, dan duit 20rb yang udah kucel gara-gara kecebur kopi, White Coffee lebih tepatnya. gue tetep berambisi untuk menaiki kapal! Apalagi gue dapet informasi kalo di acara itu, isinya bule semua. “Wih, pasti ada paha! Iya, paha!” khayalan gue, kotor.

Kapalnya gede banget, gue takut dipalakin.


Gue berangkat menaiki motor Jupiter MX kebanggaan gue, bersama rombongan-rombongan lain (baca: rombongan yang penasaran sama kapal). Karena Rumah gue ada didaerah Bekasi Barat, jadi, mau-nggak-mau gue kudu lewat Kelapa Gading. Ya sekalian liat Mall-Mall gitu deh. “NORAK LO, HAN!” teriak pembaca blog ini. “Lho, emang orang keren nggak boleh norak ya?” jawab gue singkat.

Diperjalanan, debu dan sengatan cahaya matahari mulai merangsang kulit. Sialnya, gue pake kaos item yang dilapisi dengan jaket. Iya, jaket-nya warna item juga. Makanya gue ngerasa kulit gue kesiksa abis, lantaran pakaian serba item yang gue pake saat itu. Kalo kayak gini, kontrak gue sama produsen kecantikan bisa diputus. Siapa juga yang mau make jasa orang dekil untuk memperkenalkan produk kecantikannya ke masyarakat? *elus-elus kulit paha* yang ada produknya malah disegel, dan dianggap sebagai: ‘Produk yang tak layak untuk di-edarkan’
Oke nggak usah nyangsang ke produk kecantikan deh, gue nggak mau ngerebut posisi Atiqah Hasiholan, yang notabennya adalah: sebagai duta kecantikan Indonesia :’)

***
Tepat pukul 11.00 Waktu-Indonesia-Ujung. Gue menginjakkan kaki indah gue di Tanjung Priok, “Gila! Itu ada Carly Rae Jepsen!” teriak gue, histeris. Pas gue amatin, ternyata bukan. Dia cuma salah satu anggota Green-Peace. Yah, yang namanya bule, mana ada sih yang dekil.
So, antrian udah mulai panjang, terlebih pak SBY juga bakalan hadir ke festival ini. Wih, jarang-jarang kan gue bisa ketemu sama Pemimpin Negara? Kalo emang bener ketemu, gue bakal bilang ke Beliau: “Pak SBY, ya? Boleh minta tolong photo-in saya sama tante saya nggak? kamera saya bagus lho..” ah. Tapi ternyata gayung tak bersambut, pak SBY rencananya dateng ke Festival Green-Peace sekitar pukul 14.00. sedangkan gue? gue kudu balik ke Bekasi sekitar pukul 13.30. Sedih, kecewa, dan terkurung dalam dilema. Sampai ketemu dilain kesempatan, Pak SBY!
Baru aja beberapa langkah dari pintu masuk, cewek-cewek anggota GP (Green-Peace) udah berseliweran. Beh, mereka itu pacar-able banget deh. Seandainya ada Jargon “Kalian peduli Lingkungan? Kalo iya, kalian boleh macarin kita!” gue pasti bakal peduli sama Lingkungan, nggak akan buang sampah sembarangan, nggak akan nge-rokin lumut di jamban, pokoknya gue bakal nge-hormatin Jargon barusan deh, demi cewek-cewek pacar-able itu. Iya, masalahnya tema GP itukan: “Peduli Lingkungan” jadi disini kita dituntut untuk senantiasa merawat Bumi dari segala bentuk ancaman yang ada. So sweet sekali anggota GP ini.. cantik, pacar-able, terus peduli sama Lingkungan lagi! cowok mana yang nggak nyembah-nyembah cewek kayak gini? Cowok manaaaaa?
Oke, fokus ke inti cerita dulu ya, jadi pas gue masuk ruangan awal, didalemnya ada pameran lingkungan hidup, sampe pemandangan alam yang ada di pedalaman Indonesia gitu, semuanya mereka kemas dengan tampilan yang unik. Ada yang berupa video documenter, ada yang berupa photo, dan yang lebih kerennya lagi, semuanya dijelaskan secara detail oleh masing-masing anggota GP yang cantik-cantik itu. Ada yang cowok juga sih anggotanya, tapi mereka nggak kalah cantik kok.
Puas ngeliat pameran didalem ruangan awal, gue bergegas menuju Kapal. Akhirnya moment-moment klimaks dateng juga. “Photo pake pose mamerin otot kayaknya keren nih, mumpung di Kapal, biar kayak Popeye gitu deh..” pikir gue, seraya tak menyadari kondisi lengan yang sangat rentan akan keretakan.

Gantengnya nggak masuk akal

Di bagian depan kapal, gue ketemu bule lagi duduk termenung, tatapannya kosong, dan nampaknya dia sedang menikmati cahaya matahari. Bule ini ganteng, pembawaannya kalem. Kalo gue liat, agak mirip sama Ashton Kutcher. Karena penasaran sama dia, akhirnya gue deketin, terus gue tegor dengan sapaan standard ala anak SD, “Hello, Mister. What are you doing here?” tanya gue, singkat. “Oh, ya.. hello. I just look around the area. Here is very beautiful.. I wanted to explain about this ship. Wait a minute, Bro!” jawabnya, dengan gaya yang ceria. “Oh, okidoki! I’ll wait here” saut gue. Dia-pun memulai pembicaraannya disekitar anjungan kapal. “Hello everyone. Welcome to our ship!” teriak dia, dengan wajah berbinar-binar. Dan kemudian, para tamu kapal menjawabnya dengan serempak “HELLOOOOO!”. Tapi yang namanya cewek Indonesia, kalo ketemu cowok gantengan dikit, langsung deh di khayal-khayalin “Uh, ganteng banget. Gue mau dong jadi tikungannya” atau yang lebih parahnya lagi: “Ih, kok serakah banget sih jadi cowok? Gantengnya nggak disisain buat cowok lain” *gue hening*
Setelah melakukan penjelasan yang panjang lebar, si Bule ganteng itu baru inget, kalo dia belum ngasih tau namanya, “Haha tak selamanya pikun itu indah” bisik gue, ke telinga nyokap. Dia bilang: “Sorry, I forgot to tell my name. So, I’m Adam, and I’m Russian..” senyum manis tampak dari bibirnya, seraya ingin menebus kepikunannya. Setelah memperkenalkan namanya, kemudian dia menunjukkan jarinya. Iya, NUNJUKNYA KE ARAH GUE! mati gue, mana bahasa Inggris gue masih ngehe, gimana gue jawab pertanyaan dia nantinya? Argh. “So, this is my Friend” dia nepok pundak gue, “I knew him since this morning. So, He’ll explain the functions of the Smokestack, in detail! And, ya.. please listen carefully..” kembali, dia tersenyum dengan manis. Gue cuma bisa senyum kecut, bayangin aja, GUE KAGAK TAU SMOKESTACK ITU APA? Rasanya gue pengen ngomong ke semua tamu disitu: “Hello everyones, no parking! Yap, no smoking... I love you!” -___-
Akhirnya gue nyari di google, apa fungsi dari smokestack. Pas udah ketemu, baru deh gue ngomong “Oh, ini tho. Kalo ini-mah gue tau..” biasa deh, namanya juga manusia. Dan endingnya gue jelasin pake Bahasa Indonesia. Yah, demi memperjuangkan jiwa nasionalisme di diri gue ajasih (Bilang aja kalo kagak bisa Bahasa Inggris, Farhane!)
So, semua masalah udah kelar, helaan nafas panjang berkali-kali berhembus dari idung gue yang mancung ini. Oh-iya si Aston Kutcher keliatannya seneng banget deh sama gue. Entahlah, dia suka atau cinta? Tatapannya menandakan ketulusan yang sangat mendalam. Kaya si Anang pas natap Asyanti di acara-acara infotainment  gitu.
Siangnya gue kudu pulang, dan menyempatkan diri untuk berfoto-ria sama rombongan. Buat kenangan ajasih, biar kelak pas gue udah tua, gue bisa nyeritain pengalaman gue naik kapal ke anak & cucu gue. walaupun gue harus bingung, kalo kelak anak & cucu gue nanya: “Tapi, Pak. Kapalnya jalan ato enggak?” *dank!* secara itu pameran kapal! Mana mungkin kapalnya jalan. Tapi, yaudahlah.. gue nggak mau jadi penerusnya Jack Dowson, yang jadi korban kebiadaban kapal laut.

Gue keliatan, nggak?

karena gue nggak keliatan, jadi gue putuskan untuk meng-close up photo gue barusan. Nih hasilnya, semoga aja lebih jelas:
Terlihat agak rapi.


So, kayaknya segini aja deh yang bisa gue ceritain. Semoga aja Pak Susilo Bambang Yudhoyono baca postingan ini. AMIN! :’) Aku cinta pak SBY! Aku cinta Indonesia! Terbitkan DVD bajakan The Fast and Furious 6!

                                             -Tamat-

10 komentar:

  1. nyesel gw kaga dateng bang. padhal seru tuh :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang banget, padahal seru lho. Banyak kesan-kesan berharga, banyak bule, daaaaan... banyak paha! XD

      Hapus
  2. Cool bgt dah!! gua liat di tv nih waktu itu......

    BalasHapus
  3. Coba rainbow warriornya singgah ke Makassar :(
    lol post! XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kemarin juga pas dapet info kalo Raibow Warrior bakal kesini itu rasanya seneng banget. Mihihi.

      Hapus
  4. inget aja lo sama kata2nya org bule itu han, apa lo rekam ._.

    BalasHapus
  5. 'kapalnya gede banget, gue takut dipalakin' maksud loe?? -,-"

    BalasHapus

“Either positive or negative comments are good because it shows I am still relevant.” – Justin Guarini